an Independent Non-Government Institutions who aspire to preserve the life of the agricultural environment to realize the independence of the family farm men and women are fair to fellow farmers, the environment and the parties associated with farmers and agriculture

Farmer Forum

Forum Tani who was accompanied by lesman, Boyolali district
Forum Tani who was accompanied by lesman, Kulon progo
Forum Tani who was accompanied by lesman, Gunung Kidul district

Program Unit

Cooperation

Campaign Media

joomla visitors

Fanspage

Lesman Boyolali

Copy-Paste

If you are interested in the article above and intend to copy it and redistribute it. Never shy, copy or save as aja directly via the menu bar. Be altered, modified, and enriched, as long retain its credit and its URL address. Allowed for good purposes, does not violate any laws, norms, ethics and morality, not offensive, hateful, and not for commercial purposes.
For this latter purpose must pay royalties; greetings Lesman

Polls

What is organic agriculture
 

Link Lesman

Lesman on Facebook
Lesman on twitter
Lesman on Youtube
Lesman Photo Dokumentation

Guest Online

We have 20 guests online

Visitor Data

DATA PENGUNJUNG Mulai Oktober 2008
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini442
mod_vvisit_counterKemarin947
mod_vvisit_counterMinggu ini3352
mod_vvisit_counterBulan ini16760
mod_vvisit_counterSemua1614549
___________

lestarimandiri.org

Narang
Mulyono
Heni

Hardono

Fisheries management training

Pada tanggal 07 – 09 Pebruari 2008 Diselenggarakan Pelatihan Manajemen Usaha Perikanan di Balai Informasi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Kulonprogo, kegiatan ini merupakan kerjasama antara LESMAN (Boyolali) – CRS (Yogyakarta) – YP2SU (Yogyakarta) yang melibatkan masyarakat penyintas bencana dari wilayah kabupaten Klaten, Sleman, Bantul dan Boyolali. 

Selama tiga hari diharapkan adanya media sharing pengalaman antar peserta dalam mengelola usaha perikanan, baik dari pengelolaan tehnis budidaya sampai pemasaran dan juga untuk melihat dukungan kebijakan di Kabupaten Klaten, Sleman dan Bantul. 

 

Tujuann pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas peserta dalam upaya pengembangan pengelolaan pembudidayaan perikanan air tawar, pengembangan jaringan pemasaran, pengembangan jaringan kerjasama dengan pihak pemerintah/swasta dan pengembangan kelembagaan petani dalam pengembangan usaha perikanan.  

Target peserta pelatihan ini sebanyak 30 orang, sedangkan update peserta  sesuai hasil identifikasi dari teman-teman YP2SU. Dengan tahapan roses pelatihan dimulai dengan mengidentifikasi potensi dan masalah dalam pengelolaan perikanan yang dilakukan selama ini melalui diskusi kelompok di masing-masing kabupaten yang dilanjutkan presentasi dan diskusi pleno.  

Sementara itu kelompok perikanan Trunojoyo dari Dukuh Toyan, Desa Triharjo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo yang berbagi pengalaman tentang teknik pembudidayaan ikan air tawar sampai pemasaran dan berbagi pengalaman dalam mencari dukungan dalam pengembangan pengelolaan perikanan air tawar selama ini dilakukan. Disamping dilakukan kunjungan lapang di lokasi pembudidayaan untuk mengetahui tehnik pembudidayaan ikan lele dan gurameh mulai dari pemilihan bahan pembuatan dan ukuran kolam, tehnik pemeliharaan ikan lele dan gurameh mulai pendederan sampai pembesaran dan praktek pemilihan induk lele dan praktek pemijahan lele.

 

Kebijakan Pembangunan Perikanan Budidaya  Kabupaten Kulonprogo Tahun 2008

Kasubdin Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kulonprogo, Syaebani dalam paparan  materi tentang Arah kebijakan pembangunan perikanan budidaya di Kabupaten Kulonprogo pada tahun 2008, difokuskan pada lima program utama yaitu :

I.                    Program bantuan kepada masyarakat pembudidaya yang berupa bantuan hibah langsung berupa semen untuk perbaikan kolam yang saat ini telah ada maupun untuk pembuatan kolam ikan yang baru dengan penganggaran sebesar 0,5 milyard; bantuan hibah langsung untuk perikanan budidaya air tawar berupa benih ikan lele, gurameh, bawal air tawar, paten dan nila sedangkan untuk pelestarian perairan umum dengan bantuan hibah langsung berupa benih nila dengan plafont maksimal 30 juta setiap kelompok dengan persyaratan melampirkan luas kolam yang akan digunakan untuk pembudidayaan ikan Nila . Sedangkan mekanisme untuk mendapatkan fasilitasi semen, benih ikan dengan cara mengajukan permohonan kepada Dinas Pertanian dan Perikanan yang diketahui Camat, Kepala Cabang Dinas Pertanian dan Perikanan, Kepala Balai Informasi Penyuluhan Pertanian (BIPP) dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan serta mendapat persetujuan dari Bupati Kulonprogo.

II.                 Program bantuan penguatan modal yang penyalurannya melalui tiga kelembagaan yaitu : 1. Pemkab Kulonprogo berupa pinjaman modal untuk kolektif/kelompok atau perorangan, mekanisme penyaluran pinjaman modal melalui Bank Pasar dengan plafont pinjaman  modal maksimal per-orang 2.5 juta dengan jasa pinjaman 6 % per-tahun, kebijakan tentang mekanisme keputusan fasilitasi pinjaman modal untuk  pemanfaat yang bersifat perorangan atau  kelompok/kolektif oleh Dinas Pertanian Subdin Perikanan dan Kelautan Kulonprogo.    2. Unit pelaksana pengembangan (UPP) Binangun, mekanisme penyaluran pinjaman modal melalui Bank Pemerintah Daerah (BPD) dengan plafont pinjaman modal maksimal 25 juta per-orang dengan jasa 8 % per-tahun,   kebijakan tentang mekanisme keputusan fasilitasi pinjaman modal untuk yang bersifat per-orangan atau kelompok/kolektif oleh Dinas Pertanian Subdin Perikanan dan Kelautan Kulonprogo serta Bank Pemerintah Daerah, sedangkan mekanisme untuk mendapatkan akses pinjaman modal dengan mengajukan permohonan kepada Dinas Pertanian dan Perikanan yang diketahui Camat, Kepala Cabang Dinas Pertanian dan Perikanan, Kepala Balai Informasi Penyuluhan Pertanian dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan serta mendapat persetujuan dari Bupati Kulonprogo. 3. Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP), fasilitasi pinjaman modal untuk PEMP difokuskan di wilayah pantai pesisir selatan di  4 kecamatan yaitu Temon, Panjatan, Wates dan Galur. Sedangkan fasilitasi pinjaman modal ini untuk pembenihan – pakan – pemasaran, besar anggaran untuk program PEMP pada tahun 2008 adalah 3 milyard.

III.               Program pelatihan – pelatihan : program pelatihan ini dikembangkan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat Kulonprogo dalam mengembangan pengelolaan pembudidayaan perikanan air tawar dan air payau. Program ini dikembangkan oleh Dinas Pertanian Subdin Perikanan dan Kelautan, Lembaga Swadaya Masyarakat maupun oleh Universitas.

IV.              Program study banding : program ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam mengelola budidaya perikanan – pasca panen – pasar. Sedangkan kegiatan yang telah dilakukan adalah study banding di Karang Jawa Barat tentang pembudidayaan belut dan di Cilacap/Banyumas tentang pembudidayaan gurameh-pasca panen-pemasaran/pengelolaan pasar ikan.

V.                 Program pembangunan perikanan budidaya : program ini meliputi pembangunan balai benih ikan; pembangunan unit perbenihan rakyat dan pembangunan pasar ikan.

 

Persoalan mendasar yang dialami oleh kelompok perikanan dalam mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar pada umumnya adalah masalah pendanaan. Dalam mengembangkan usaha perikanan memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, khusunya bagi yang menggeluti sebagai usaha pokok. Bank Pasar dan Bank BPD bisa memberikan modal untuk usaha lele tetapi harus ada rekomendasi dari Subdin Perikanan. Dengan ketentuan :

  • Fungsi Bank sebagai pemberi modal dan penagih.
  • Pembagian : 2 % untuk Subdin Perikanan dan 4 % BPD
  • Bank Pasar bunga 9 % per tahun, dari Pemkab Kulon Progo 6 % per tahun, kondisinya saat ini permodalan belum banyak yang kembali.
  • Bantuan modal untuk kapal ikan Rp 30 juta / kapal, jangka pinjaman 3 tahun.

 

Tiap kabupaten mempunyai kebijakan yang berbeda, tergantung kebijakan kabupaten masing-masing, ada unsur kreatif, dan dukungan dari semua pihak (eksekutif dan Legislatif). Sementara itu kelompok yang bisa mengakses program harus merupakan kelompok yag terdaftar/ teregristrasi atau kelompok yang akan mengajukan regristrasi dengan syarat :

  • Ada berita acara berdirinya kelompok dari kepala desa asal kelompok yang bersangkutan.
  • Berita acara di lengkapi daftar pengurus dan daftar anggota kelompok, untuk perikanan bisa anggota 10 orang, Struktur kelompok (Ketua,sekretaris,Bendahara dan seksi).
  • Pernyataan di bina PPL perikanan 3 bulan
  • AD/ART Kelompok Perikanan

 

                        Syarat tersebut dilengkapi dan diajukan Dinas Pertanian kepada BIPP (Balai Informasi Penyuluhan Pertanian), melewati BPP(Balai Penyuluhan Pertanian) di kecamatan. Dengan syarat tersebut bisa mengakses permodalan yang menjadi program Subdin Perikanan. Dalam mengakses program melalui ajuan ke BPP, permodalan yang diberikan adalah dengan bunga di bawah bunga Bank dengan waktu angsuran :

  • Untuk lele, angsurannya 3 bulan sekali
  • Gurami, angsurannya 6 bulan sekali
  • Ternak, angsurannya 1 tahun sekali

                       

Dalam hal perpanjangan waktu angsuran, mengajukan permohonan ke dinas. Tanpa permohonan perpanjangan angsuran, akan menjadi tunggakan angsuran, permohonan disertai alasan yang kuat dalam peaksanaan budidaya perikanan .

 

                              Tahapan usulan program, mengajukan kebutuhan budidaya perikanan kepada dinas Pertanian dan Kelautan (Subdin Perikanan). Sementara itu di Kulonprogo ada kepedulian dari Pemerintah, ada kebutuhan dari rakyat, dan ada dukungan dari DPRD sebagai wakil rakyat, tersusun program perikanan di kabupaten Kulon Progo.

 

 


 

 

 

Share/Save/Bookmark
 
Bookmark and Share Subscribe Bookmark and Share Free Sitemap Generator
Warning: include_once(analyticstracking.php) [function.include-once]: failed to open stream: No such file or directory in /home/lestarm/public_html/templates/aurora/index.php on line 312

Warning: include_once() [function.include]: Failed opening 'analyticstracking.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/lestarm/public_html/templates/aurora/index.php on line 312